Posted by: aripmuttaqien | January 31, 2010

Liburan ke Spanyol (1) : Awal Perjalanan


Menjelang akhir tahun, aku memutuskan liburan ke Spanyol menikmati pergantian tahun baru. Cukup seminggu saja di Spanyol. Dan hanya berdua dengan temanku dari kota Toulouse, Kus Adi Nugroho. Namanya liburan, yang pasti buat refreshing. Padahal habis liburan, aku mesti stand by untuk ujian. Ujian pertama. Tapi manfaatkan saja libur dua minggu ini untuk liburan.

Dan setelah sebulan selesai liburan, aku baru bisa menulis di blog tercinta. Maklum, lagi sibuk-sibuk persiapan ujian setelah balik kandang.

Kami putuskan naik kereta ke Spanyol. Depart : Toulouse, arrive : Barcelona. Satu hal yang aku ingat waktu booking tiket TGV. Kebetulan aku sendiri yang booking tiket ke gare de Toulouse Matabiau. Ditanya sama petugas, kira-kira, begini terjemahannya, :

“Halo bos, mau pesen tiket kemana?” tanya petugas tiket dalam bahasa Prancis.

“Mau pesen tiket buat dua orang, jurusan Toulouse Barcelona, pergi pulang ya,” jawabku dalam bahasa Prancis.

“Oke, tanggal berapa bos,” tanya petugasnya lagi.

Aku mengeluarkan catatan yang udah lengkap dengan jam keberangkatan. Emang, sebelum ke stasiun aku udah ngecek di internet untuk lihat jam keberangkatan. “Tanggal 25 Desember dan 1 Januari,” kataku.

“Hahhh…gila kamu bos. Natal-natal pergi, yang bener aja?” tanya dia balik. Mungkin tidak percaya.

“Lah…kenapa emang, toh gw sendiri yang mau pergi. Bawel banget sih lo,” kataku dalam bahasa Indonesia. Rupanya kalimat terakhir ini tidak dimengerti petugas tiket. Singkat kata, akhirnya aku bisa dapat tiket Toulouse Barcelona, transit di Narbonne.

Akhirnya, kami berangkat hari natal, 25 Desember 2009. Rute yang kami pilih adalah ToulouseNarbonneBarcelona. Kami pilih menggunakan kereta. Berarti mesti transit (halah…istilah apa pula ini, kayak naek pesawat saja) di Narbonne. Dari Toulouse ke Narbonne kami naik TGV. TGV ini sebenarnya jurusan Toulouse-Marseille. Siap-siap saja kalau ketiduran, bablas sampai Marseille. Kereta berangkat pukul 6.54. Asal tahu saja, saat itu masih subuh-subuh. Malah belum masuk shalat subuh. Matahari terbit sekitar jam setengah sembilan. Jadi, berdua kami berjalan menembus dingin. Wow…dingin berapa derajat? Masih normal untuk ukuran musim dingin kok. Yach, sekitar 1 celcius. Aku udah tidak ingat pasti.

Kereta tiba di Narbonne jam 8.09. Masih belum terbit matahari. Dan ternyata, Narbonne lebih dingin dari Toulouse. Wow…enggah tahu brapa suhu saat itu, yang pasti lebih dingin.

Sesuai jadwal, kereta dari Narbonne ke Spanyol berangkat jam 8.21.

Ternyata kereta terlambat…

Terlambat 10 menit. Tumben, ada kereta terlambat. Asal tahu saja, kereta yang akan mengantar kami ke Barcelona bukanlah TGV atau kereta Prancis. Ini kereta dari Spanyol, namanya Renfe. Itu aku tahu setelah naik diatas kereta Renfe. Hmmm…lebih bagus TGV kok, hehe… Jangan bilang sama orang Spanyol ya…nanti digebukin.

Kereta berhenti agak lama diantara Cerbère dan Portbou. Disini ada dua kali pemeriksaan paspor, pertama di Cerbère oleh polisi Prancis dan kedua di Portbou oleh polisi Spanyol. Satu hal konyol terjadi disini. Pemeriksaan ala Prancis bisa cepet karena banyak petugas yang masuk. Jadi enggak lama berhenti. Setelah semua beres, kereta berjalan dari Cerbère menuju Portbou. Disini kereta masuk terowongan dibawah bukit.

Bagus juga ide pembuat rel. Batas negara dengan sebuah bukit. Mungkin biar gampang buat ngecek imigrasi. Lalu di Portbou, berhenti lama banget. Ternyata, cuma ada tiga polisi Spanyol. Tiga polisi untuk delapan gerbong kereta? Kapan selesai pak? Dodol banget neh.

Ada lagi yang membuat kita lama berhenti di sini. Spanyol tidak menggunakan rel standar. Ini dinamakan rail gauge, yaitu jarak antara rel kereta api. Singkat kata, Spanyol dan Eropa pada umumnya agak berbeda untuk masalah standar rel kereta api. Makanya, di perbatasan kedua negara ini tiap kereta pasti butuh adaptasi masalah teknis.

Well, tapi akhirnya semua beres. Dan kereta berangkat…. Melewati pegunungan dan pinggir laut.

Tak terasa juga tiba di Barcelona.

Barcelona, akhirnya aku datang. Waktu menunjukkan hampir jam 12 siang.

Advertisements

Responses

  1. gaya euuuy…akhirnya bisa keluar negeri jg ya rip hehe

  2. senangnya 😀

    Pulang dalam waktu dekat ga Rip? Kangen!! Nanti klo pulang kabar2i yaaa

  3. eh, ada chichi lagi mampir neh…
    Blom tahu kapan pulang,…yang jelas paling lambat pertengahan 2011 insya Allah pulang.
    Masih lama yak? hehe

  4. Hmm. asik 2h bs jLn2 smPe spnYol…

  5. kl k spanyol kira2 back packer butuh budget berapa mas?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: