Posted by: aripmuttaqien | November 10, 2009

Pertanyaan Tentang Beasiswa Eiffel dari Milis Beasiswa


Dear all, dibawah ini pertanyaan tentang bourse Eiffel, saya kutip dari milis beasiswa. Bagi yang tidak ikut milis beasiswa, bisa dibaca.

Silakan buka thread http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/message/33245, http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/message/33482,

 

> To: beasiswa@yahoogroup s.com
> Date: Thursday, October 1, 2009, 12:38 AM

Dear all,
> Beasiswa ini ga ribet kok. Terbuka untuk semuanya. Tinggal kirim email, siapa beruntung maka dapat.
> Paling banyak yg dapat beasiswa Eiffel ya anak2 China.
> Indonesia? Masih sedikit karena yg daftar juga sedikit. Padahal semuanya tinggal kirim email (tentunya berkas2 sgala macam) dan ga ada wawancara.
> Ini saya tegaskan lagi, tidak ada wawancara.
> Semuanya seleksi internasional. Langsung dari Prancis yang menyeleksi. Ga ada seleksi2 dari Jakarta.
> Jadi bagi temen2 yg berada jauh…….. dari Jakarta, no problem. Ga perlu ongkos transport ke Jakarta (yg biasanya kalau interview beasiswa di jakarta).
> Apa yg bisa didapat dari beasiswa Eiffel :
> – Tiket pesawat
> – Uang bulanan 1,181 euros
> – Bantuan logement untuk yg logement-nya mahal
> – Asuransi
> – Biaya aplikasi univ di gratiskan
> – Bbrp univ menggratiskan tuition fee bagi
> penerima beasiswa eiffel (termasuk ditempat saya). Bbrp univ memberi diskon untuk tuition fee. Jadi rajin2 aja nanya ke univ.
> Untuk info2 lebih, saya nulis pengalaman eiffel di blog http://www.aripmuttaqien. wordpress. com.
> Selamat berjuang…
> Ayo ayo pada daftar.
>
> arip muttaqien

 

LANJUT….

 

Kepada: beasiswa@yahoogroup s.com
Tanggal: Minggu, 4 Oktober, 2009, 10:10 AM

minat banget nih ikut k prancis..
saya masih kuliah sih, tpi bisa ngk apply ya?
tadi dah kirim email k egide nya, tpi blom d balas…
bagusnya gimana y?apply k egidenya ato k univ2 d prancisnya??

 

LANJUT

 

Kepada: beasiswa@yahoogroup s.com
Tanggal: Minggu, 4 Oktober, 2009, 11:19 AM

ga usah ngirim email ke egide, semua info udah ada jelas di website.
Jadi kalau baca infonya, mestinya ga perlu kirim email ke egide. Ntar malah diketawain sama orang sana, ketahuan banget klo ga baca info, hehe
baca aja disini
http://groups. yahoo.com/ group/beasiswa/ message/33245

 

LANJUT

 

Sent: Mon, October 12, 2009 10:49:09 PM
Subject: Bls: Bls: [beasiswa] [INFO] bourses d’excellence Eiffel 2010-2011

Iya, memang begitulah prosesnya.
Univ yg menyeleksi siapa saja yg bisa daftar eiffel scholarship. Lalu pihak univ yg akan mengirimkan berkas eiffel ke Paris. Dari dulu juga begitu. Aplikasi eiffel memang harus dikirim oleh univ, bukan oleh bapak.
Ralat, yg menyediakan beasiswa eiffel bukan univ, tapi Ministry of foreign affairs. Univ hanya menyeleksi saja diawal. Tapi selanjutnya ministry of foreign affairs yg menyeleksi.
Semua univ di prancis bisa mengajukan eiffel.
Lebih lengkap silakan baca http://aripmuttaqie n.wordpress. com/ dan http://www.egide. asso.fr/jahia/ Jahia/appels/ eiffel.
Di blog, saya sudah menjelaskan detail, silakan baca disitu semuanya.
Saya diterima di toulouse school of economics bulan nov 2008, lalu univ mengajukan untuk eiffel pada desember 2008, lalu saya mulai kuliah sept 2009.
Satu lagi, jangan panggil Pak, saya masih 24 thn, hehe

arip

 

LANJUT

 

Tanggal: Selasa, 13 Oktober, 2009, 2:22 AM

Mas Arip dan milister skalian,

saya udah daftar INSEEC, EDHEC dan weller business school.
Emg sih semuanya aplikasi OL, tp setelah tahap terkahir, mrk butuh student buat bayar aplication form.
Nah, saya mandeg di tahap ini. Ada rekomen gak Univ mana yang bs daftar aplikasi OL, kirim supporting documents via email scanned dan tanpa biaya pendaftaran. Karena biaya nya cukup mahal, rata2 45Euro = skitar 585.000. Kalo mencoba peruntungan ke 3 Univ kan banyak biayanya.
Saya berminat di bidang international business atau marketing.

Salam

 

LANJUT

 

Hallo,
Kalau dari pengalaman saya (barangkali rekan2 yg lain bisa menambahkan), dulu saya daftar bbrp univ, such as Toulouse, Paris 1, ENSAE, Bordeaux, Marseille etc. Diantara semuanya, yg berprospek dan saya seriusin akhirnya hanya 2 univ, yaitu Toulouse 1 dan Paris 1. Untuk semuanya, saya lakukan aplikasi di nov 2008.
Lalu untuk Paris 1, pada awalnya saya kirim aplikasi online, dan akhirnya mendapat kejelasan. Ketika akan diajukan ke eiffel scholarship ( dalam hal ini ketua departemen sudah setuju), saya diminta untuk mengirim dokumen ke Paris 1 untuk validasi akhir.
Bbrp hari kemudian, saya mendapat konfirmasi dari Toulouse 1 bahwa aplikasi diterima. Dan Toulouse 1 akan mengurus eiffel. Karena untuk pengajuan eiffel hanya boleh dilakukan satu universitas, akhirnya saya pilih Toulouse 1.
Aplikasi untuk Toulouse 1 hanya saya lakukan online. Tadinya diminta mengirim, tapi saya bisa nego agar bisa online. Maksud saya pada saat itu adalah kirim online dahulu, nanti jika sudah diterima saya baru kirim dokumen via pos.
Nah,,,,,akhirnya aplikasi ke Toulouse 1 hanya online. Untuk eiffel, tentu saja hanya online karena hanya perlu mengirim berkas tambahan ke univ via email. Selanjutnya univ yg akan mengurus.
Akhirnya hingga saya brangkat ke Prancis, saya tida diharuskan mengirim dokumen via pos. Jadi terus terang saya sama sekali tida melakukan pengiriman dokumen via pos. Biaya yg dikeluarkan adalah NOL RUPIAH.
Saya tida tahu kebijakan masing2 univ dan grandes ecoles. Kalau dari pengalaman saya, mungkin saya termasuk beruntung, bisa “menawar” agar aplikasi dilakukan online. Alasan saya pada saat itu adalah biar cepet sampai dan pasti sampai. Kalai lewat pos kan mesti nunggu lama.
Padahal alasan aslinya sih, biar bisa ngirit uang, hehehe…
Kalau diminta univ mana yg bisa online application only, maaf, saya tida tahu dg kebijakan univ yg skrg. Jadi tetaplah berjuang….
Good luck….

arip

 

LANJUT

 

Re:[beasiswa] [INFO] bourses d’excellence Eiffel 2010-2011

Dear milister…
Banyak sekali email yang masuk ke saya. Terlebih bertanya tentang eiffel scholarship.
Mohon maaf bagi yang merasa belum dibalas emailnya.
Sekedar saran, untuk nanya2 jangan ke email pribadi. Silakan tanya ke milis beasiswa. Biar semua member bisa membaca. Gitu loh…. Ini kan milis, jadi biar berguna. Hehehe….
Jadi reply saja thread ini kalau mau bertanya.

Jadi…untuk eiffel scholarship tahun 2010, pendaftaran ditutup 8 januari 2010.
Pendaftaran yg dimaksud disini adalah pengiriman berkas dari univ ke Egide pusat di Paris.
Jadi ga usah khawatir dan jangan ada pikiran macem2 kalau beasiswa eiffel 2010 sudah ditutup.
Saya saja baru dapat email dari Egide. Isinya diminta membantu menyebarluaskan info eiffel scholarship tahun 2010.
Dan dari tahun ke tahun, eiffel scholarship biasanya ditutup pendaftaran pada bulan Januari. Lalu pengumuman bulan Maret.

Ringkasan, untuk yg masih di Indonesia dan belum kuliah di Prancis, apa yang mesti dilakukan?
– Segera kontak univ di Prancis. Kirim email ke mereka dan tanya tentang peluang aplikasi univ dan eiffel scholar. Tanya apa saja syaratnya. Biasanya mereka sudah tahu kok ttg eiffel scholarship. Kalau bisa bahasa prancis lebih bagus. Kalau ga bisa, pake english juga gpp. Bilang aja minta maaf karena blom bisa bahasa prancis. Saya dulu juga gitu kok.
– Nanti ikutin saja aturan main dari mereka. Biasanya mereka minta kamu ngirim berkas2 ke mereka.
– Kalau kamu sudah mengirimkan berkas2 yg mereka minta, mereka akan menyeleksi. Kalau kamu layak diterima dan diajukan ke eiffel scholar, mereka akan beritahu kamu.
– Nah, begitu kamu dinyatakan sbg kandidat eiffel, lengkapilah syarat2 eiffel scholarhip. Saya tegaskan bahwa TIDAK ADA SYARAT kemampuan BAHASA PRANCIS. Saya terus terang ga bisa bahasa prancis saat daftar eiffel scholar. Dan alhamdulillah diterima.
Tolong dibedakan syarat untuk diterima di univ dan syarat untuk eiffel scholar. Untuk eiffel scholar tidak ada syarat bahasa prancis. Kalau untuk diterima di univ, itu beda lagi. Silakan saja tanya mereka. Tapi mereka biasanya maklum kok. Soalnya nanti kalau di univ emang pake bahasa prancis, dan kamu memang belum bisa bahasa prancis, nanti kamu akan dikursusin.
Saya sendiri dapat kursus bahasa prancis dari eiffel scholarship. Walaupun cuma kursus sebulan (karena kuliah saya dalam bahasa inggris, jadi dianggap ga terlalu butuh bahasa prancis, :D)
– Program yang dipilih bisa dalam program bahasa inggris atau prancis. Untuk mencari program2 studi di prancis, bisa gunakan http://www.campusfrance.org/fr/d-catalogue/cataspip_EN.htm

Semoga jelas. Jika ada pertanyaan, silakan ke milis, biar semua member baca.
Semoga membantu.
Dan jangan lupa daftar ya…. Eiffel scholar itu kebanyakan anak2 dari China mlulu. Dari Indonesia dikit banget yang daftar. Ini masalah berani mencoba saja!
Kalau masalah kemampuan, aku pikir anak2 Indonesia juga berkualitas kok. Asal berani aja.
Ayo semangat!!!

arip muttaqien

 

LANJUT

 

Re:[beasiswa] [INFO] bourses d’excellence Eiffel 2010-2011

Dear Mas Arip,
setahu saya untuk beasiswa ini tidak mencover tuition fees ya? berdasarkan hasil research saya, univ negeri di perancis yang biaya nya lumayan terjangkau semua jurusan diajar dengan bahasa perancis. sedangkan biaya kuliah di univ swasta perancis mahal sekali, bisa mencapai 15,000 Euro sampai lulus.
mohon dikoreksi.
terima kasih banyak.

 

LANJUT

 

Re:[beasiswa] [INFO] bourses d’excellence Eiffel 2010-2011

Silakan baca http://www.egide.asso.fr/jahia/Jahia/accueil/appels/eiffel/infospratiques

Les frais de scolarité ne sont pas pris en charge par le programme Eiffel. Les établissements sont invités à appliquer aux boursiers Eiffel les meilleures conditions financières possibles de scolarité.

Memang bener. Tapi jangan khawatir, Kampus juga ngasih keringanan kok. Di tempat saya, saya digratiskan dari tuition fee. Tahun lalu saya ada tawaran dari sebuah univ di paris, dengan tuition fee 5000 euros/tahun. Ketua departemen bilang, “Kalau Anda dapat eiffel, Anda cuma perlu bayar 1000 euros/tahun”.

Mbak Siska yg alumni eiffel itu bisa ditanya kok. Dia juga ga bayar tuition fee kok. Kalau mesti bayar harganya ribuan euros/tahun. Hehehe
Rekan saya di kota lain di Prancis, minggu ini baru saja kirim SMS, dia bilang bahwa akhirnya tuition fee di reimburse sama eiffel scholarship.

Kalau saran saya, daftar aja. Jangan mikir biaya dulu, toh blom daftar juga udah mikir macem2. Konsideran biaya itu nanti2 aja. Misalnya nanti udah diterima ternyata harus bayar 30.000 euros/tahun. Kalau itu baru jadi alasan rasional untuk tidak berangkat.

Sedangkan sekarang? Pertama, banyak orang tidak punya info dg valid. Terlalu banyak asumsi-asumsi yang menyulitkan mereka sendiri. Masalah tuition fee, trus susah nyari univ. Kalau paling gampang, Anda bisa tanya ke universitas di Prancis atau pusat penelitian. Jangan berhenti mencari info gara2 info yg kurang valid di awal, hehe
Kedua, yang perlu dilakukan adalah action. Seperti yg saya bilang diawal, segera kontak univ atau pusat penelitian di Prancis. Kuncinya disitu kalau Anda belum diterima di univ di prancis. Kontak saja dari sekarang. Kan mulai dari kontak mereka, para pencari beasiswa bisa dapat info yg valid… bukankah begitu?

Satu lagi, ini objective yang selalu diulang oleh Eiffel scholarship,
The objectives of the Eiffel excellence programme run by the French Ministry of Foreign and European Affairs remain unchanged. The first is to offer French higher-education opportunities for future public- and private-sector decision-makers in three priority areas: science; economics & management; and law & political science.
Students targeting careers in education or research have other programmes and are not eligible for the master’s programme.

Jika rekan2 memang berminat ke riset, saran saya nanti jika apply untuk eiffel scholar, jangan ditulis kalau anda mau ke riset. Tulis aja apa gitu, misalnya rencana karir untuk jadi professional.
Sebuah email yg selalu saya ingat adalah dari seorang di kampus, yang notabenenya ngurusin aplikasi eiffel scholarship. Dia berpesan pada saya sebelum saya menulis aplikasi untuk eiffel scholarship.

Even if you think that your career will be in the academy or devoted to research, do not tell it. These scholarships are NOT meant for research, but in order to train in France future influent executives in their own country.
But this is the only scholarships that exist for excellent students. Thus you have to “invent”, if necessary, your career as an executive, in the private or public sector  (Banks, administration, consulting, international organizations, etc…) Find a way of explaining that this expert training in Economics will give you the tools needed to have a rapid career in your country. One or two pages are enough.

Barangkali cuplikan pesan diatas bisa menjadi catatan bagi rekan2. Kebetulan saya ambil ilmu ekonomi (sehingga pesan email diatas memang bermuatan ekonomi, :P)

Begitu jawaban singkat. Semoga membantu.

arip muttaqien

 

LANJUT

 

Pak Arip Muttaqien Yth,

Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan:

1. Umumnya studi program S2 di Perancis berapa tahun ya? Apakah beasiswanya full cover ?

2. Bagaimana dgn S3, apakah Eiffel Scholarship menanggung full program S3 (misal lama studi S3 = 3-4 thn), atau hanya sandwich? Saya mencoba mereka-reka pengumuman dlm bhs Perancis, namun takut salah asumsi. Mohon bantuan penjelasannya. Tks byk atas bantuannya.

Rgds,

 

LANJUT

 

Re:[beasiswa] [INFO] bourses d’excellence Eiffel 2010-2011

Silakan dibaca di websitenya, pertanyaan kamu sudah ada jawabannya, 😛

1. M1 = 1 thn, M2 = 1 thn. Kalau ambil M1 + M2 = 2 thn. Full cover atau enggak, sudah dijelaskan di thread ini, silakan dibaca ulang ya.

2.

http://www.4shared.com/file/137453006/20114a83/Vade-mecum_du_programme_Eiffel__-_Session_2010_2011.html
Le nouveau dispositif Eiffel permet de financer :
– une formation de niveau Master
– une mobilité de dix mois dans le cadre d’une co-tutelle ou co-direction de thèse (de préférence la 2ème ou 3ème année du Doctorat).

Untuk doktor, hanya maksimal 10 bulan, diutamakan thn ke-2 atau thn ke-3. Jadi ini semacam mobility program, bukan beasiswa doktoral dari awal.

 

LANJUT

 

Hi Mas Arip,
makasih banget untuk jawabannya. aku juga baca blog mas arip di wordpress, mas arip kuliah di TSE ya? oh ya, mengenai tuition fees, apakah mungkin pembebasan tersebut dikarenakan uni-nya public universities, dan bukan private universities seperti ecole grande?
sebenarnya saya sangat ingin masuk public univ, tapi jurusan saya sangat jarang ada di public univ. saya ingin ambil master di bidang ekonomi manajemen (bukan MBA) atau marketing. apakah mas Arip punya masukan untuk public univ yang menyediakan jurusan tersebut?
terima kasih sebelumnya.

LANJUT

 

Re:[beasiswa] [INFO] bourses d’excellence Eiffel 2010-2011

Mbak Siska dulu ambil di grandes ecole yang tuition fee mahal, toh dia ga bayar. Silakan tanya langsung ke orangnya. Itu yg ngasih thread email ini pertama kali.

Mengenai jurusan, silakan cari di http://www.campusfrance.org/fr/d-catalogue/cataspip_EN.htm

Tentang tulisan2 yg berguna untuk apply, silakan baca https://aripmuttaqien.wordpress.com/. Mungkin bisa berguna. Disitu saya naruh file PDF yg sudah unrestricted (sebelumnya restricted dari Egide Eiffel).

 

LANJUT

 

Re:[beasiswa] [INFO] bourses d’excellence Eiffel 2010-2011

Ikut nimbrung..Sorry baru bisa nimbrung, sibuk soalnya..

Buat peminat Eiffel, bener yg dibilangin Arip:
DAFTAR AJA DULU, ntar kalo dah DITERIMA, baru mikirin TUITION FEE.
Semua aturan2 yg ditulis disana, ntar BISA di NEGO kok, kalo dah disini..OK???
So, ga usah ribet2, mikir macem2…pejamin mata, tulis email ke universitas yg diminati, nminta mereka buat apply in kamu ke EGIDE. Jadi, NO contact ma EGIDe selama blom ada kabar kalo kita ditrima..kalo dah terlanjur kontak Egide, yo wess, gpp..nothing to loose

So, kesimpulannya, kek yg dibilng Arip, JANGAN MEMPERSULIT DIRI SENDIRI…Kalo kubilang seh, Pikir itu pelita hati, terlalu mikir, bingung sendiri!!!
so, go ahead, in this case, act first, think later..OK??? kalo ga, ga bakal pernah beraksi neh??? ntar malah makin ketinggalan Cina ma Vietnam yg borong Eiffel..
Hayo..buruan..

Buat pendaftaran September, itu biasanya buat PhD program, kalo yg master, tahun depan keknya..soalnya aku juga pernah coba daftar S3 bourse Eiffel, ternyata dah telat (bulan October), n kebetulan aku dah dapat bourse lainnya..so no problem..
Maap buat yg japri langsung, blom sempat balas emailnya..lagian info dari Arip dah complet tuh..

Good luck,

 

LANJUT

 

Re:[beasiswa] [INFO] bourses d’excellence Eiffel 2010-2011

Satu lagi info,

Les candidats doivent être âgés de 30 ans maximum dans l’année de sélection pour le niveau Master et de 35 ans maximum pour le niveau Doctorat.

Batas umur daftar untuk Master adalah 30. Tahun lalu kalau ga salah batasnya 26. Jadi bersyukur batas umur tahun ini naik untuk master.

Banyak yg nanya, misal :
– Cara daftar gimana?
– Apa ada batas umur?
– Tuition fee gimana?
– Gimana cari bidang studi yg tepat?
– Dll

Info dari http://www.egide.asso.fr/jahia/Jahia/appels/eiffel memang masih dalam bahasa prancis. Tapi kalau masih blom bisa bahasa prancis, kan bisa pakai google translate. Disitu ada file PDF yg bisa didownload. Silakan download Vade-mecum du programme Eiffel  – Session 2010/2011.

Maaf, banyak email japri yg masuk dan banyak yg belom dibalas. Saya bales ke milis saja. Kalau masih nanya2 tentang cara daftar, brarti anda belum MEMBACA email, website dan blog.
Terus terang saya juga bingung, tinggal membaca saja, apa susahnya? Kalau memang bahasa prancis, usaha dikit pakai google translate juga selesai. Saya sudah menyediakan file PDF yg non restricted, artinya bisa di copy paste untuk di copy paste di google translate bagi yg butuh. Kalau anda download dari website Egide, PDFnya ga bisa di copy paste (restricted).
https://aripmuttaqien.wordpress.com/2009/10/04/file-beasiswa-eiffel-tahun-2010-non-restricted-pdf/
Infonya ada disini semua. Silakan download dan baca.
Untuk info yg bisa didownload :
– Vade-mecum du programme Eiffel  – Session 2010/2011 format non restricted PDF
– Dossier de candidature Eiffel  – Master/Ingénieur format non restricted PDF
– Dossier de candidature Eiffel  – Doctorat format non restricted PDF
РGrille de notation du coll̬ge ing̩nieur format non restricted PDF

Buat yg ga bisa buka 4shared, gunakan situs2 pembuka blocked site, silakan baca di http://www.hongkiat.com/blog/how-to-access-blocked-web-sites/. Saya biasanya pakai http://www.hidemyass.com/. Tinggal copy paste saja link ke situs-situs itu.

Kalau kurang jelas disitu, silakan nanya. Jangan belum apa2 sudah nanya2. BACA dulu, baru nanya. Kalau membaca info aja agak susah, gimana mau dapat beasiswa? Jangan jadi MENTAL KRUPUK. Wajar aja kalau beasiswa Eiffel banyak direbut anak2 China.
Maaf bila kurang berkenan. Selama ini banyak sekali pertanyaan, padahal JAWABAN SUDAH ADA jika mau membaca info. Saya sudah menyediakan banyak info yg memberi kemudahan, seperti di blog saya, https://aripmuttaqien.wordpress.com atau membalas thread milis ini.

Semoga sukses,

arip muttaqien

 

CATATAN : Saat saya nulis repon email di milis beasiswa, saat itu belom ada terjemahan. Sekarang sudah ada terjemahan dalam bhs inggris. Silakan buka http://www.egide.asso.fr/jahia/Jahia/appels/eiffel

LANJUT

 

Re: [beasiswa] [INFO] bourses d’excellence Eiffel 2010-2011

Hallo,
Kalau dari pengalaman saya (barangkali rekan2 yg lain bisa menambahkan), dulu saya daftar bbrp univ, such as Toulouse, Paris 1, ENSAE, Bordeaux, Marseille etc. Diantara semuanya, yg berprospek dan saya seriusin akhirnya hanya 2 univ, yaitu Toulouse 1 dan Paris 1. Untuk semuanya, saya lakukan aplikasi di nov 2008.
Lalu untuk Paris 1, pada awalnya saya kirim aplikasi online, dan akhirnya mendapat kejelasan. Ketika akan diajukan ke eiffel scholarship ( dalam hal ini ketua departemen sudah setuju), saya diminta untuk mengirim dokumen ke Paris 1 untuk validasi akhir.
Bbrp hari kemudian, saya mendapat konfirmasi dari Toulouse 1 bahwa aplikasi diterima. Dan Toulouse 1 akan mengurus eiffel. Karena untuk pengajuan eiffel hanya boleh dilakukan satu universitas, akhirnya saya pilih Toulouse 1.
Aplikasi untuk Toulouse 1 hanya saya lakukan online. Tadinya diminta mengirim, tapi saya bisa nego agar bisa online. Maksud saya pada saat itu adalah kirim online dahulu, nanti jika sudah diterima saya baru kirim dokumen via pos.
Nah,,,,,akhirnya aplikasi ke Toulouse 1 hanya online. Untuk eiffel, tentu saja hanya online karena hanya perlu mengirim berkas tambahan ke univ via email. Selanjutnya univ yg akan mengurus.
Akhirnya hingga saya brangkat ke Prancis, saya tida diharuskan mengirim dokumen via pos. Jadi terus terang saya sama sekali tida melakukan pengiriman dokumen via pos. Biaya yg dikeluarkan adalah NOL RUPIAH.
Saya tida tahu kebijakan masing2 univ dan grandes ecoles. Kalau dari pengalaman saya, mungkin saya termasuk beruntung, bisa “menawar” agar aplikasi dilakukan online. Alasan saya pada saat itu adalah biar cepet sampai dan pasti sampai. Kalai lewat pos kan mesti nunggu lama.
Padahal alasan aslinya sih, biar bisa ngirit uang, hehehe…
Kalau diminta univ mana yg bisa online application only, maaf, saya tida tahu dg kebijakan univ yg skrg. Jadi tetaplah berjuang….
Good luck….

arip

 

…..

 

 

Advertisements

Responses

  1. hello Arip,

    Dulu kamu S1 nya apa, ya?
    kalo dari engineering mau ngelanjutin business seperti di tempatmu biasanya boleh ngga, ya?

    Trims, salam kenal…
    Ari

  2. s1 teknik industri,
    aku bukan ambil bisnis mas, jadi tentang pertanyaan “kalo dari engineering mau ngelanjutin business seperti di tempatmu”
    Maaf, itu tidak ada jawabannya.

  3. s1 teknik industri,
    aku bukan ambil bisnis mas, jadi tentang pertanyaan “kalo dari engineering mau ngelanjutin business seperti di tempatmu”
    Maaf, itu tidak ada jawabannya.

  4. mas arip,

    saya pemerhati mas di millis beasiswa dan di blog ini.

    mm, saya sudah ketemu universitas yang saya minati. dan sedang mengirimkan imel. saya mau tanyakan, dlu bagaimana ya imel mas arip menunjukkan bahwa kesungguhan mas sehingga bisa diterima ? faktor2 apa aja mungkin yang jadi pertimbangan sehingga imelnya di-“anggap”.

    ohya satu lagi, berapa lama dulu kira2 rentang dari ngirim dan dibalas ?

    terima kasih mas arip

    salamkenal,

    Hari Solagratia

  5. Email seperti apa ya?
    Perasaan ngirim email ya gitu-gitu aja. Aku orangnya to the point kalau nulis email.
    Ga tahu juga sih, seperti apa email yang diinginkan mereka.
    Tapi emailku selalu dibalas sih. Karena aku ngirim email juga ga panjang-panjang banget. Tapi juga ga pendek-pendek banget.
    Cukup dua atau empat paragraf aja lah.

    Dulu dibales sehari, dua hari atau tiga hari kemudian. Tergantung orang disana.

  6. hmm.. oke kalau begitu. ya saya juga suka dibalas imelnya..

    sekrang sedang menyiapkan dokumen2nya..

    btw, mas, ga ada syarat TOEFLnya kah eiffel ?

  7. Untuk eiffel scholarship, ga butuh toefl.
    Untuk daftar universitasnya, silakan tanya ke univ masing-masing

  8. mas, saya diminta untuk mengisi app formnya..

    mm… agak ga mengerti euy,bisa bantu saya…

    kayak ini, ETUDES SUIVIES (depuis la fin des études secondaires),

    saya bingung, yang saya masukkan apa academic record ( Sarjana, SMA, SMP ?) atau kursus2 gitu (pemrograman, dll..)

    soalnya dibawahnya ada 5 format isian yang sama, kayak
    ANNÉE N+2 : Année scolaire / YEAR N+2 : Academic year
    Etablissement / Establishment
    Adresse de l’établissement / Address
    Etudes suivies / Nature of studies Certificats et diplômes obtenus (crédits ECTS) / Certificates and diplomas passed (ECTS credits) :

    terima kasih.

  9. études secondaires : sejak high school atau SMA,
    Kursus ga usah, di prancis ga lazim masukin kursus, kecuali yg punya sertifikat internasional.

    Etablissement : Nama sekolah/universitas
    Adresse de l’établissement : Alamat sekolah
    Nature of studies Certificats et diplômes obtenus : kredit yg kamu dapatkan…Misal sarjana 144 kredit selama 4 tahun. Jelaskan saja disitu, 1 SKS itu apa artinya. Misal, definisi SKS : 1 jam blajar dikelas, 1 jam tugas dan 1 jam belajar mandiri.

  10. Mas Arip,

    saya mau tanya lagi nih

    Saya sudah mengirim aplikasi ke Paris Tech.
    dari balas-balasan imel sih katanya saya diharuskan mengirimkan aplikasi ke sekolahnya.

    Semua dokumen sudah saya kirimkan. termasuk form aplikasi universitas yang saya apply
    Tapi anehnya saya tidak diminta untuk mengisi lembar aplikasi ke eiffel. hanya lembar aplikasi berikut surat motivasi dlsb.. does it sound any misunderstanding here ?

    Menurut info dari cp yang saya hubungi, karena saya meng-apply untuk eiffel scholarship, pengumumannya awal januari ini, tapi tidak dikataka via apa, biasanya via apa ya ?

    terima kasih mas,
    maaf nih, saya bingung soalnya akhir2 ini saya kirim imel ke CP nya tapi ga dibalas..

  11. hai,
    mestinya untuk tahun ini, udah ditutup untuk aplikasi eiffel scholar.

    kalau saya dulu via email saja, trus dikirim balik ke mereka.

  12. iya mas,

    saya sudah mengirimkannya awal desember lalu..

    tapi saya ga tahu nih konfirmasi kapan diumumkannya dan dokumen saya terbaca atau engga..

    (fyi, kemarin sempat saya kirimin hasil scan transkrip, trus dia balas, katanya transkrip saya tidak terbaca, lalu saya kirim ulang..)

    Terima kasih, mas arip

  13. Mas Arip,

    saya mau tanya, saya daftar untuk Paris Tech dengan bahsa pengantar perancis.

    itu gimana ya ? kan eiffel mengkursuskan bahasa dulu, tapi saat kuliah tetep ga ngerti juga dong ? atau kursus bahasa dulu, baru ngambil kuliahnya ?

    Terima Kasih mas.

    Hari

  14. Ada kemungkinan :
    1. Kursus bahasa selama setahun sebelum dimulai kuliah
    2. Kursus bahasa bersamaan dengan saat kuliah
    3. Tanpa kursus bahasa

    Silakan tanya ke kampus masing-masing untuk detail. Ini kondisional tergantung kebijakan kampus. Untuk saya, hanya kursus bahasa sebulan sebelum mulai kuliah. Teman saya ada yg datang tanpa kursus bahasa.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: