Posted by: aripmuttaqien | July 7, 2008

Satu-Persatu Teman-Temanku Mulai Berpisah


Tidak terasa, sudah setahun aku lulus kuliah dari Universitas Indonesia. Atau sudah lima tahun berada diperbatasan Depok-Jakarta. Hampir setiap hari pula, aku melintasi batas provinsi. Tahun 2003 – 2007, masa-masa kuliah yang penuh dengan keceriaan. Masa-masa kuliah yang penuh dengan kegiatan. Masa-masa kuliah yang terkadang ada manis dan pahit. Masa-masa kuliah ini akan selalu dikenang. Dan aku selalu bersyukur bisa mengecap pendidikan di salah satu universitas terbaik di negeri ini.

Setahun yang lalu, masih teringat, saat akhir sidang skripsi dan menjelang wisuda sarjana. Masih teringat pula ketika wisuda di Balairung Universitas Indonesia. Aku juga masih ingat, ketika namaku disebut dalam wisuda setahun yang lalu.

“…Arip Muttaqien, sarjana teknik, lulusan dari jurusan teknik industri, fakultas teknik, universitas indonesia. Merupakan wakil dari fakultas teknik…” Aku masih ingat ketika maju kedepan di prosesi wisuda setahun yang lalu. Aku masih ingat ketika mataku mencoba melihat ribuan pasang mata di balairung.

Ya Allah, semuanya terjadi sudah setahun yang lalu. Tidak terasa waktu berlalu demikian cepat.

Dan tahu-tahu, teman-temanku yang dulu sudah berpencar di berbagai belahan bumi. Teman-teman sekosanku, beberapa teman sudah hidup di negeri Singapura (Fauzan, Matnur), Boy memilih di Negeri Ginseng (Korea Selatan), Sofwan lanjut ke Ritsumeikan (Jepang) dan ada yang lanjut kuliah ke Bandung (Habibi lagi kuliah sama tentara). Ada pula yang sudah mulai bekerja (Aad di RCTI, Zacky di Bisnis Indonesia, Anjas di Rekin, Arif Aprizal dimana ya…lupa, Awid di Deplu -dan dia barusan menikah-, Adam di Total Indonesie, dan yang lainnya belum terdeteksi).

Teman-teman satu angkatan, bermacam-macam, sebagian besar sudah bekerja. Ada pula yang melanjutkan kuliah, di dalam negeri dan di luar negeri. Beta dan Tuan sudah hampir selesai (atau mungkin sudah selesai ya?) di NUS, Singapura. AW mau lanjut kuliah di UGM, Yogya menyusul Lia yang sudah setahun berada di UGM. Desi sudah setahun kuliah di SBM ITB. Arin sudah hampir setahun berada di negeri Paman Sam. Risma sebentar lagi berangkat ke Swedia. Aris ke Jerman. Nia (yang ini baru saja terdengar kabarnya) mau meneruskan studi di Tokyo University.

Teman-temanku yang lain, ada yang sedang berada di Taiwan. Ada yang tersangkut di India, Timur Tengah, Inggris, Amerika Serikat, Australia, China, Norwegia, Italia dan berbagai negara lain. Mereka mencari ilmu dan mencari sesuap nasi.

Aku sendiri masih setiap hari melintasi Depok dan Jakarta. Dan aku sendiri berpikir bahwa aku akan kehilangan banyak teman (dalam dunia nyata), karena mereka akan pergi menempuh jalan hidupnya masing-masing. Meskipun demikian, aku bersyukur bahwa teman-temanku selalu bertambah, baik di dunia nyata maupun dunia maya.

Waktu mulai berlalu, dan satu demi satu teman-teman akan menempuh jalan hidup masing-masing. Semoga semuanya mendapatkan jalan terbaik dalam hidupnya dan dimudahkan. Satu hal yang dilakukan sekarang adalah menikmati hidup ini karena “belum tentu” kita besok masih bertemu dengan teman-teman yang kita temui hari ini.

Salam

-Arip Muttaqien-

Advertisements

Responses

  1. Tersentuh membaca tulisanmu …
    Gila gw masiy aja belum memiliki plan yg jelas buat masa depan gw …

    Aaah,,,

    Senang bgt ngebaca email risma hari ini …
    Jangan lupa oleh2 dari swiss nya ya …

    Kangen rip …

  2. […] kita besok masih bertemu dengan teman-teman yang kita temui hari ini. Salam -Arip Muttaqien- https://aripmuttaqien.wordpress.com/2008/07/07/satu-persatu-teman-temanku-mulai-berpisah/ 7 Jul […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: