Posted by: aripmuttaqien | August 7, 2009

Tips Aplikasi Eiffel Scholarship (dari Milis Beasiswa)


http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/message/32932

Teman-teman milis beasiswa. Apa kabar? Setelah sekian lama tidak posting di milis ini, saya ingin sekedar berbagi pengalaman berburu beasiswa. Dan memang sudah banyak yang meminta saya untuk nulis pengalaman beasiswa. Dan baru sempat bisa sekarang. Banyak email dari rekan2 yg minta sharing pengalaman. Daripada sharing hanya untuk beberapa orang, lebih adil jika sharing ke banyak orang.

Selain di milis, Arip juga menulis pengalaman di blog http://aripmuttaqie n.wordpress. com/. Untuk dimilis ini, tulisan pengalaman sekedar yang singkat saja. Buat yang ingin versi panjang, silakan baca di blog, dimana saya menulis dalam 9 seri tulisan. Silakan di klik mulai dari seri 1 (http://aripmuttaqie n.wordpress. com/2008/ 12/23/mengejar- beasiswa- 1/) yg bersambung hingga seri 9 (http://aripmuttaqie n.wordpress. com/2009/ 08/03/mengejar- beasiswa- 9-hasil-seleksi- eiffel-scholarsh ip-erasmus- mundus/). Di blog itu bukan hanya tentang Eiffel scholarship, tapi juga beasiswa lain.

Di milis beasiswa, saya tulis pengalaman secara singkat saja, khususnya tentang Eiffel Scholarship, mulai dari info awal sampai pengurusan student visa. Berikut ini poin-poin penting Eiffel Scholarship untuk studi di Prancis.

1. Eiffel scholarship adalah beasiswa internasional. Jadi yang ingin dapat, selamat bersaing dg kandidat dari negara antah berantah, mulai dari China, India, Brazil hingga Afrika. Tahun 2009, penerima Eiffel untuk master degree didominasi oleh China (115 orang), India (25), Brazil (67) dan Rusia (24), yang keempatnya sering disebut BRIC. Indonesia? Hanya empat orang dari 407 orang (master degree). Jumlah kandidat master adalah 1.184 orang. Jadi, perbandingan sekitar 1 : 2,9. Ga terlalu ketat juga kok.
Sedangkan untuk doktor, tidak ada orang Indonesia yang dapat. Total penerima Eiffel scholarship untuk doktor tahun 2009 adalah 70 orang dari 183 kandidat. Berarti sekitar 1 : 2,6.

2. Catatan untuk Indonesia, tahun 2009 ada 4 orang penerima Eiffel scholar dari 17 kandidat. Peningkatan dari tahun sebelumnya. Seingat saya, tahun 2008 hanya satu orang dari Indonesia yg dapat Eiffel scholarship. Harapannya, tahun-tahun berikutnya bisa lebih banyak orang Indonesia yg berhasil dapat Eiffel scholarship. Kalau negara lain bisa, kenapa Indonesia tidak bisa?

3. Syarat utama untuk apply Eiffel scholarship adalah sudah diterima di universitas di Prancis. Lalu universitas yg nanti mengajukan kandidat ke kantor pusat di Paris. Aplikasi harus melalui universitas. Silakan baca http://www.egide. asso.fr/jahia/ Jahia/lang/ en/accueil/ appels/eiffel/ presentation untuk syarat lebih lengkap.
Jadi, langkah umum : Diterima di universitas di Prancis –> mengajukan Eiffel scholarship.
Mirip2 sama model STUNED yg mesti diterima di universitas untuk aplikasi beasiswa.
Bagi yg lagi kuliah di Prancis, tentu tak masalah. Tinggal mengajukan diri lewat universitas. Saya pikir untuk mereka yg sudah kuliah di Prancis, sudah tahu banyak infonya.

4. Bagi yg belum kuliah di Prancis, alias sedang cari universitas untuk kuliah, lakukan saja langkah berikut :
– Cari universitas di Prancis, lalu coba daftar. Untuk syarat masing-masing universitas. Syarat masing-masing universitas bisa berbeda. Silakan cek di masing2 universitas. Misalnya, ada universitas yg meminta nilai DELF/DALF, TOEFL, GRE, ijasah, transkrip, CV, motivation letter dll.
– Coba tanya ke universitas, biasanya di departemen atau bagian internasional. Tanya saja ke mereka, bagaimana syarat untuk daftar universitas dan daftar beasiswa Eiffel.
– Jika Anda merasa cocok dg program disitu, coba saja daftar. Penuhi semua syarat2.
– Tunggu info penerimaan dari mereka. Jika mereka setuju dg aplikasi Anda, Anda bisa diterima dan diajukan sbg kandidat Eiffel scholarship. Artinya Anda diterima di universitas dan universitas setuju untuk mengajukan Anda sbg kandidat Eiffel scholarship.
Yang perlu diperhatikan adalah waktu. Biasanya Eiffel scholarship ditutup bulan Januari. Tapi tiap universitas pasti punya jadwal masing-masing. Mereka kan masih harus memproses aplikasi di tiap universitas. Sebagian universitas sudah menutup pendaftaran Eiffel scholarship di masing-masing kampusnya, dibulan Desember. Bahkan ada yg deadline di bulan November.
Nah, untuk amannya, silakan hubungi universitas mulai bulan Oktober. Jadi, masih ada waktu sebulan hingga dua bulan untuk persiapkan diri.

5. Bagaimana mencari universitas di Prancis? Anda bisa menggunakan bantuan dari http://www.indonesi a.campusfrance. org/. Disitu ada info ttg pendidikan di Prancis. Untuk cari daftar universitas, silakan gunakan katalog program studi.

6. Saat buka website univ di Prancis, nggak ngerti karena mereka pakai bahasa Prancis? Tidak usah repot, gunakan saja http://www.translat e.google. com/. Kalau sekedar mengartikan, sudah lumayan. Sekedar bagi pengalaman saja, saat daftar univ di Prancis, saya tidak bisa sama sekali bahasa Prancis.

7. Khusus untuk yg mau cari universitas, lebih bagus jika ada kenalan professor di Prancis. Siapa tahu mempermudah aplikasi Anda. Apalagi jika memang sudah cocok dan kontak jauh hari sebelum aplikasi Eiffel scholarship. Silakan cari di website universitas.

8. Dari pengalaman tentang aplikasi ke universitas, Arip sudah mencari info sejak November 2008. Kebetulan ambil bidang economics. Mudah saja, karena saya sudah punya list univ di Prancis yg top untuk program ekonomi. Dengan internet, tinggal kirim email ke departemen dan bagian internasional. Di email, saya selalu bertanya apakah ada kemungkinan untuk mendaftar ke universitas dan Eiffel scholarship. Saya sendiri memang belum bisa bahasa Prancis saat itu, jadi nekat saja pakai english. Sebagian dari kampus membalas dg bahasa inggris, sebagian bahasa Prancis.
Nah, akhirnya pertengahan November saya dapat admission letter dari Toulouse school of economics (TSE). Dan TSE merekomendasi saya untuk daftar Eiffel scholarship. Sebenarnya ada beberapa kampus yg menerima. Tapi karena Eiffel scholarship hanya boleh diajukan oleh satu univ, maka harus pilih satu univ dari bbrp univ. Akhirnya saya pilih TSE.
Apa saja syarat untuk bisa diterima di TSE? Dari pengalaman, syarat2 seperti pada umumnya, mulai dari CV, rekomendasi, motivation letter, TOEFL, GRE, ijasah, transkrip dll. Semua syarat hanya dikirim via email sesuai permintaan mereka. Sekitar lima hari setelah saya kirim email, akhirnya keluar konfirmasi bahwa saya diterima di TSE.
Jadi kalau dihitung-hitung, saya belum keluar duit sepeserpun untuk kirim dokumen aplikasi ke Prancis, hehehe…. Mungkin beruntung karena ketemu dg univ yg mau menerima berkas secara online.

9. Jika sudah diterima di universitas dan disetujui untuk mengajukan diri ke Eiffel scholarship, berarti tinggal berpikir bagaimana mendapat beasiswa. Dari pengalaman, saya melengkapi semua syarat beasiswa sekitar pertengahan Desember. Hanya tiga syarat yg mesti dilengkapi, yaitu CV ( 2 halaman), form aplikasi Eiffel dan project professional ( 2 halaman). Kebetulan saya dapat kampus yg benar-benar pengertian. Pihak kampus bahkan mau mengoreksi isi dokumen sebelum diajukan ke Paris. Dokumen saya bahkan sempat ditolak dan akhirnya saya revisi.
Catatan, untuk aplikasi Eiffel scholarship tidak ada syarat bahasa inggris/prancis. Ini banyak sekali yg bertanya ke saya.
Tapi sbg tambahan catatan, kemampuan bahasa mungkin diminta untuk pendaftaran universitas. Jadi harap dibedakan pendaftaran universitas dan pendaftaran Eiffel scholarship.

10. Catatan untuk Eiffel scholarship, baca baik-baik info di website, terutama tujuan Eiffel scholarship, http://www.egide. asso.fr/jahia/ Jahia/lang/ en/accueil/ appels/eiffel/ presentation
Terutama syarat hanya boleh sekali daftar Eiffel scholarship. Maka lakukan yang terbaik saat mendaftar!

The objectives of the Eiffel excellence programme run by the French Ministry of Foreign and European Affairs remain unchanged. The first is to offer French higher-education opportunities for future public- and private-sector decision-makers in three priority areas: science; economics & management; and law & political science.
Students targeting careers in education or research have other programmes and are not eligible for the master’s programme.
The second objective is to reach students from emerging countries (with priority on Asia, Latin America, Eastern Europe, the Middle East and new members of the European Union), though the PhD scholarships also address students from industrialized countries.
The Eiffel programme helps French centres of higher education attract high-calibre overseas students. Only French centres may submit applications. If an application is successful, the centre is required to enrol the candidate on the stated course.

Perhatikan baik-baik keterangan diatas, terutama bagian “Students targeting careers in education or research have other programmes and are not eligible for the master’s programme”.
Saya ingat email dari pihak kampus sebelum saya memasukkan aplikasi Eiffel scholarship. Mereka bilang di email :

Even if you think that your career will be in the academy or devoted to research, do not tell it. These scholarships are NOT meant for research, but in order to train in France future influent executives in their own country.
But this is the only scholarships that exist for excellent students. Thus you have to “invent”, if necessary, your career as an executive, in the private or public sector  (Banks, administration, consulting, international organizations, etc…) Find a way of explaining that this expert training in Economics will give you the tools needed to have a rapid career in your country. One or two pages are enough.

Barangkali kutipan email diatas bisa jadi tips bagus untuk rekan-rekan dalam menulis professional project. Pengalaman saya, walau saya sendiri punya tujuan ke akademis, saya juga nggak perlu nulis di professional project, hehe… Saya tulis saja rencana karis untuk kerja di konsultan dan international organization. Gunakan bahasa yg ringkas, simpel dan to the point. Ingat, komite beasiswa membaca ratusan aplikasi. Jangan buat mereka tambah pusing dengan tulisan yg bertele-tele.
Untuk CV, tulis saja CV yg singkat dan padat, mulai dari personal, pendidikan, riwayat pekerjaan dan prestasi. Itu sudah cukup untuk 2 halaman. Tuliskan yg terbaik yg pernah dilakukan.
Saran : sebisa mungkin gunakan bahasa Prancis untuk mengisi form. Minimal form aplikasi (karena memang form aplikasi pakai bahasa Prancis) dan CV (CV kan poin-poin saja, tidak seperti tulisan bentuk karangan). Saya dulu pakai bahasa prancis untuk mengisi CV dan form aplikasi, walau kalau saya baca ulang saat ini, sebenarnya ada juga grammar yg salah. Maklum, saat itu baru bisa sedikit-sedikit bahasa prancis. Untuk professional project, saya gunakan bahasa inggris. Ga berani pakai bahasa prancis, hahaha….

11. Pengumuman Eiffel scholarship biasanya diakhir Maret. Jika Anda daftar bulan Januari, tunggu hingga bulan Maret. Hasilnya diumumkan di website Egide. Keterangan tentang cakupan beasiswa ini, silakan dibaca http://www.egide. asso..fr/ jahia/Jahia/ lang/en/accueil/ appels/eiffel/ infospratiques.

12. Untuk aplikasi student visa, semua lewat pihak Campus France. Syarat2 student visa, silakan baca http://indonesia. campusfrance. org/id/studi- di-prancis/ mendapatkan- visa-belajar/ 21.html. Untuk aplikasi student visa, akan ada interview, bisa tatap muka atau via telepon. Kalau udah dapat beasiswa, peluang lolos student visa makin besar. Saya sendiri butuh waktu 3 minggu sejak semua dokumen visa komplet hingga visa resmi keluar.

Saya pikir info diatas sudah komplet. Selamat berjuang bagi pencari beasiswa!!!

Terima kasih untuk rekan-rekan milis beasiswa. Saya sendiri dapat banyak manfaat sejak gabung dengan milis beasiswa, terutama info dan archieve. Kalau lagi butuh info dari jaman dulu, biasanya saya cari arsip. Dan dari situ dapat banyak info.

Semoga komunitas ini bisa menjadi komunitas yang makin besar dan bermanfaat untuk membangun Indonesia kedepan.

Semoga sukses.

Arip Muttaqien

About these ads

Responses

  1. Hi Arip,
    Pgn tanya nih, ak barusan cek ke salah univ di perancis dan ada 1 univ yg cocok dgn jurusanku, kebtln jurusan ku Teknik Perkapalan dan satu2nya yg nyambung Master(ga tahu klo ada univ lain selain itu) adalah École Centrale de Nantes, France, Department of Naval Hydrodynamics, tp ak lht di admission nya cuma butuh TOEFL aja, dan ga disebutin berapa score tuh jenis nya intstitusi, international atau DAF (kemampuan bhs Perancis)level brp ?…trus ak mo nyari link ke prof2nya ga ada tuh…aku contact ke interntl officer nya apa yah ?

  2. # Jun Hendra
    Apa maksudnya link yg ini?

    http://www.ec-nantes.fr/version-anglaise/programmes/masters/sma-hydronamics-energetics-and-propulsion-br-b-hydrodynamics-and-ocean-engineering-b–67142.kjsp?RH=500

    Disitu kan ada bagian contact, coba kamu tanya tentang pendaftaran dan aplikasi eiffel, apakah memungkinkan dibuka untuk saya yg belum daftar?

    Untuk TOEFL, biasanya kalau ga ada tulisan IBT dan kode institusi (kayak model2 US gitu), institusional juga bisa. Untuk skor, barangkali bisa ditanya.
    Tapi dari pengalamanku, Prancis itu ga terlalu strickly ama bahasa Inggris, kayak US dan UK.
    Coba saja tanya ke mereka.

  3. hai sobat … saya mau nanya kalau beasiswa s2 teknik arsitek di jerman saya bisa dapat infonya dimana ya?

  4. # la ode
    maaf, silakan cari di google dan milis beasiswa. Klo beasiswa ke jerman, ada dari DAAD.
    Lu kreatif donk cari info.
    Si pemilik blog ini kan bukan penyedia info.
    Kalau lu sendiri ga aktif, gmn lu bisa dapat beasiswa?
    hahahaha

  5. askum,,,,mo tanya cara ikitan milis beasiswa??????????
    cz kemarin dah daftar n kirim email juga tapi ampek sekarang lum dapet balesan juga???
    mohon bantuannya

  6. Wah, aku bukan moderator milist,
    Kamu sabar aja,
    Atau coba kirim lagi email dan perkenalkan diri.

  7. Hi Mas Arip,

    Maaf saya pengen tanya tentang beasiswa Eiffel nih.

    Kebetulan saya bulan Mei lalu sudah daftar di Ecole Centrale de Nantes dan pada awal bulan juni ini sudah dapat email dari sana dan saya sudah diterima dan diharapkan untuk bayar tuition fee utk smester 1 sblm akhir Juni ini dan kuliah dimulai awal September.Tapi karena tuition fee nya mahal saya jadi bingung n kebetulan saya baca blog Mas tntng beasiswa Eiffel ini.

    Saya mau tanya pengalaman Mas dulu mengurus beasiswa ini apa bisa saya minta ke pihak univ untk tunda penerimaan utk ikt beasiswa Eiffel tahun 2010-2011?

    Trimakasih

  8. @ Marteen
    Coba aja ditanya ke pihak ecole. Siapa tahu bisa.
    Saya sendiri belum pernah meminta penundaan penerimaan.

  9. Hi mas arif,

    mau tanya nih, berhubungan aku juga tertarik utk masuk d bidang economics di TSE.
    apakah GRE itu harus??
    soalny aku sendiri blom lulus kuliah, tahun depan lulusnya.
    apakah aku bole daftar ke TSE? karena applikasi kan d buka skitar bulan oktober/november.

    aku sudah tanya2 ke bagian administartive TSE tapi blom ada respon dari pihak yang bersangkutan.

    thanks a lot

  10. Ga harus pake GRE.
    Bisa apply bulan november. Dulu saya apply bulan november.

  11. allow kaka senior,, hehe,, sebelumnya terimakasih atas tips2 yang sangat mantaps ini,,, jika tidak berkeberatan, saya ada pertanyaan2 perihal ini.

    1. apakah eiffel berlaku untuk program taught in english atau taught in france? jika keduanya bisa, adakah pengaruhny dalam kemungkinan mendapatkan scholarship?
    2. apakah tuition fee berpengaruh dalam kemungkinan mendapatkan scholarship?
    3. karena tuition fee ga dicover ama eiffel, apa artinya kita harus bayar tuition fee ke univ dimuka?
    4. dengan allowance yg diberikan, cukup ga buat nabung bayar tuition fee nya? rata2 program yg saya inginkan umumnya berkisar antara 10,000euro.

    makasih banyak.

    santoso

  12. oh ya satu hal lagi,, *masih nambah pertanyaan, ga tau diri, hehe,,,,*

    waktu itu pas dapet tiket pesawat pas november 2009 itu udah bisa bahasa france apa belum? menilik dari tuition fee yg 300eur, programmnya pake bahasa france ya?

    trimakasih sekali lagi…

    santoso

  13. 1. In English dan in French bisa.
    Tidak ada pengaruh
    2. Tidak ada
    3. Iya, ketika kamu daftar ulang di universitas.
    4. Silakan dihitung sendiri. Allowance sekitar 1,181 E/bulan.

    Tambahan: Tidak bisa bahasa prancis.
    Program yg saya ambil pake bhs inggris

  14. Selain TSE punya list ga Uni yg lain yang mungkin bisa untuk jurusan financial management/economics gitu (soalnya lumayan makan waktu kalo nanya satu2)

  15. Hi Ariep,
    Saya sedang in process utk aplikasi Eiffel Scholarship ke Paris-Sorbonne University. Aplikasi saya sudah diterima dan skrg mrk minta professional project.
    Apakah Ariep bersedia mengirimkan sample professional project yg dulu dikirimkan ke TSE? Hanya sebagai gambaran saja spy saya bisa lbh terarah ketika menuliskan PP, krn selama ini saya hanya berpengalaman di motivation letter saja. Dan membaca dr blog Ariep sptinya PP ini lebih menjurus ke tujuan nanti stelah lulus dibandingkan dgn ML.
    Mohon bantuannya. Thanks :)

  16. Hai mas Arief! Terima kasih atas postingan blognya! :)
    Alhamdulillah saya salah satu penerima Beasiswa Eiffel tahun 2014 ini. Katanya sih tahun 2014 ini dari Indonesia hanya ada dua orang penerima. :o
    Apakah benar?
    Salam kenal.

    Ricky
    rickylicious.blogspot.com

  17. Selamat Ricky,
    Saya belum tahu berapa orang penerima eiffel tahun ini. Kalau Ricky lebih tahu, kabari donk, hehe

  18. Mas Arief, kalo mau tau daftar kampus beserta jurusannya, bisa buka di link apa?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 527 other followers

%d bloggers like this: